Tuesday 12 April 2011

PERUMUSAN INDIKATOR PEMBELAJARAN

Langkah awal guru dalam merancang prosedur pengajaran adalah merupakan tujuan instruksional khusus (Indikator). Indikator pada dasarnya merupakan rumusan tentang bentuk perilaku atau kemampuan- kemampuan yang diharapkan dimiliki peserta didik setelah mereka mengikuti pengajaran.
Suatu rumusan Indikator tentang kemampuan- kemampuan yang harus dimiliki peserta didik itu harus memenuhi syarat berikut:
• Spesifik artinya mengandung satu penafsiran (tidak menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam).
• Operasional artinya mengandung satu perilaku yang dapat diukur untuk memudahkan penyusunan alat evaluasi.
Untuk memenuhi kriteria diatas, seorang guru harus memahami kata- kata kerja operasional sebagai bentuk perilaku yang dapat dijadikan pegangan dalam perumusan Indikator untuk kepentingan tersebut, dikenal klasifikasi tujuan yang dikemukan Bloom dan kawan- kawan. Ia dan kawan- kawannya mengklasifikasikan tujuan pengajaran itu kedalam tiga ranah, yaitu:
1. Ranah Kognitif/ Cognitive Domain
2. Ranah Afektif/ Affective Domain
3. Ranah Psikomotor/ Psychomotoric Domain
A. Tingkat Kemampuan Ranah Kognitif, Terdiri Dari:
1. Pengetahuan
2. Pemahaman
3. Penerapan
4. Analisis
5. Sintesis
6. Evaluasi
B. Ranah Afektif/ Affective Domain, Terdiri Dari:
1. Penerimaan
2. Tanggapan
3. Penilaian
4. Pengorganisasian
5. Karakteristik
C. Ranah Psikomotor/ Psychomotoric Domain, Terdiri Dari:
1. Persepsi
2. Kesiapan melakukan pekerjaan
3. Mekanisme
4. Respon terbimbing
5. Kemahiran
6. Adaptasi
7. Keaslian/ originasi
Bentuk perilaku yang dapat dipelajari atau diukur berdasarkan pendapat Bloom dan kawan- kawan itu adalah
a. Ranah “Cognitive” (C)
1) Pengetahuan (C1)
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Mengetahui istilah- istilah umum
• Mengetahui hal- hal terinci
• Mengetahui metode dan prosedur
• Mengetahui konsep- konsep dasar
• Mengetahui prinsip- prinsip
b) Istilah untuk Indikator
• Mendefinisikan
• Menggambarkan
• Mengidentifikasi
• Memberi nama
• Menyusun daftar
• Menamakan
• Membuat garis besar
• Menyatakan kembali
• Memilih
• Menyatakan
2) pemahaman
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Memahami fakta dan prinsip
• Menginterprestasikan bagan dan grafik
• Mengubah bahan tulisan menjadi rumus matematika
• Memperkirakan akibat- akibat yang akan datang yang tercantum dalam data
• Membenarkan metode dan prosedur
b) Istilah untuk Indikator
• Mengubah
• Mempertahankan
• Memperkirakan
• Menjelaskan
• Menyatakan secara luas
• Menyimpulkan
• Memberi contoh
• Menarik kesimpulan
• Melukiskan dengan kata- kata sendiri
• Meramalkan
• Menuliskan kembali
• Membuat rangkuman
3) Penerapan
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Menetapkan konsep dan prinsip terhadap situasi- situasi baru
• Menerapkan hukum dan teori pada situasi praktis
• Memecahkan persoalan matematik
• Mengkostruksi bagan dan grafik
• Mendemonstrasikan penggunaan metode dan prosedur secara benar
b) Istilah untuk Indikator
• Mengubah
• Mendemonstrasikan
• Mengungkapkan
• Mengerjakan dengan teliti
• Membuat modifikasi
• Menjalankan
• Meramalkan
• Menghubungkan
• Menunjukkan
• Memecahkan
• Menggunakan
4) Analisis
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Mengenali anggapan yang tidak dinyatakan
• Mengenali kesalahan logika dalam memberi alasan
• Membedakan antara fakta dan kesimpulan
• Mengevaluasi hubungan antara data- data
• Menganalisis struktur organisasi suatu karya
b) Istilah untuk Indikator
• Memecahkan
• Menguraikan
• Membuat diagram
• Membeda- bedakan
• Memisah- misahkan
• Mengidentifikasi
• Menggambarkan kesimpulan
• Membuat garis besar
• Menunjuk
• Menghubungkan
• Memilih
• Memisahkan
• Memerinci
5) Sintesis
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Menulis suatu tema yang tersusun
• Memberi ceramah yang tersusun baik
• Menulis suatu naskah pendek yang kreatif
• Mengusulkan suatu rencana untuk percobaan
• Mengintegrasikan pelajaran dari berbagai bidang ke dalam suatu rencana untuk memecahkan masalah
• Merumuskan suatu bagan untuk menggolong- golongkan objek, kejadian- kejadian atau pikiran
b) Istilah untuk Indikator
• Menggolong- golongkan
• Menggabungkan
• Menghimpun
• Menyusun
• Menciptakan
• Menciptakan rencana
• Merancang
• Menjelaskan
• Membangkitkan
• Membuat modifikasi
• Mengorganisasi
• Merencanakan kembali
• Merevisi
• Menulis kembali
• Menyimpulkan
• Menceritakan
• Menulis
6) Evaluasi
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Menimbang konsistensi logis dari bahan tertulis
• Menimbang seberapa jauh suatu kesimpulan disokong oleh data
• Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan kriteria intern
• Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan tatapan luar yang baik
b) Istilah untuk Indikator
• Menilai
• Membandingkan
• Menyimpulkan
• Mempertentangkan
• Mengkritik
• Menggambarkan
• Membeda- bedakan
• Menjelaskan
• Mempertimbangkan kebenaran
• Menginterpretasi
• Menhubungkan
• Menyimpulkan
• Menyokong
b. Ranah “Affective” (A)
1) Kemauan Menerima
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Mendengarkan dengan perhatian
• Meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar
• Menunjukkan sensitivitas akan keperluan dan persoalan- persoalan masyarakat
• Menerima berbagai kebiasaan
• Menerima dengan baik segala aktivitas kelas
b) Istilah untuk Indikator
• Bertanya
• Memilih
• Mengambarkan
• Mengikuti
• Memberi
• Berpegang teguh
• Mengidentifikasi
• Melokalisasi
• Memberi nama
• Menunjuk
• Menjawab
• Menggunakan
2) Kemauan menanggapi
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Melengapi pekerjaan rumah yang ditentukan
• Mentaati peraturan- peraturan sekolah
• Ikut serta dalam diskusi- diskusi sekolah
• Melengkapi karya laboratorium
• Sukarela melaksanakan tugas- tugas khusus
• Menyukai menolong orang lain
b) Istilah untuk Indikator
• Menjawab
• Membantu
• Menghimpun
• Memperbincangkan
• Menolong
• Memberi nama
• Mempertunjukkkan
• Mempraktekkan
• Membaca
• Melaporkan
• Memilih
• Memberitahukan
• Menuliskan
3) Berkeyakinan
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Menunjukkan kepercayaan akan proses demokratisasi
• Menghargai keputusan yang baik
• Menghargai peranan pengetahuan dalam kehidupan sehari- hari
• Menunjukan perhatian akan kesejahteraan orang lain
• Menunjukan sikap akan pemecahan masalah
• Menunjukan rasa wajib terhadap perbaikan masyarakat
b) Istilah untuk Indikator
• Melengkapi
• Menggambarkan
• Membeda- bedakan
• Menjelaskan
• Mengikuti
• Membentuk
• Memprakarsai
• Mengajak
• Bekerjasama
• Mempertimbangkan kebenaran
• Mengusukan
• Meleporkan
• Memilih
• Ikut serta
• Mempelajari
• Berkarya
4) Penerapan Karya
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Mengenali perkara keseimbangan antara kebebasan dan tanggungjawab dalam demokrasi
• Mengenal peranan perencanaan yang sistematis dalam pemecahan masalah
• Menerima tanggungjawab bagi perlakunya sendiri
• Memahami dan menerima kekuatan
• Merumuskan rencana kehidupan yang selaras dengan kemampuan perhatian dan keyakinan
b) Istilah untuk Indikator
• Terikat
• Menyusun
• Mengubah
• Mengkombinasikan
• Membandingkan
• Melengkapi
• Mempertahankan
• Menjelaskan
• Menarik kesimpulan umum
• Mengidentifikasi
• Mengintegrasi
• Membuat modifikasi
• Menyusun
• Mengorganisasi
• Mempersiapkan
• Menghubungkan
• Membuat sintetis
5) Ketentuan/ ketelitian
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Menunjukan keinsyafan yang benar
• Menunjukan kepercayaan diri untuk bekerja sendiri
• Mempraktekkan kerjasama dalam aktivitas golongan
• Menggunakan langkah- langkah yang aktif dalam memecahkan persoalan
• Menunjukan ketekunan, ketelitian dan disiplin pribadi
b) Istilah untuk Indikator
• Bertindak
• Membeda- bedakan
• Memperagakan
• Mempengaruhi
• Memdengarkan
• Membuat modifikasi
• Mempertunjukan
• Mempraktekkan
• Mengusulkan
• Mencapai keahlian
• Merevisi
• Melayani
• Memecahkan
• Menggunakan
• Memeriksa kebenaran
c. Ranah “Psychomotoric” (P)
a) Istilah untuk Kompetensi Dasar
• Menuliskan dengan cermat dan teliti
• Menggambarkan kembali dari suatu gambar
• Mempersiapkan alat- alat laboratorium secara cepat dan tepat
• Memperbaiki alat elekronik secara tepat dan benar
• Mendemostrasikan cara- cara kerja yang benar
• Mempertunjukan suatu keterampilan
• Menciptakan cara- cara yang baru dari suatu pertunjukan
b) Istilah untuk Indikator
• Mewujudkan
• Membina
• Menukar
• Membersihkan
• Menyusun
• Menghubungkan
• Melatih
• Mengikuti
• Membuat bagan
• Melokalisasi
• Mengikat
• Mencampur
• Menajamkan
• Memanaskan
• Mengerjakan dengan teliti
• Menggunakan
• Memulai

1 comment:

  1. Your style is very unique compared to other people I have read stuff from.
    Many thanks for posting when you have the opportunity, Guess
    I'll just book mark this site.

    Feel free to visit my blog post :: painting your countertops
    (http://countertoppaintreviews.net)

    ReplyDelete

Links

Al-Qur'an Widget by Blogger Tutorial Blog
Designed by Animart Powered by Blogger